Kuda Perbatasan Kota...

Cimahi Selatan, Jawa Barat, tepatnya di Melong dimana daerah ini berbatasan dengan kota Bandung. Sebagian besar daerah ini dijadikan sebagai hunian atau orang-orang menyebutnya dengan 'perum' (perumnas) Melong Asih. Selain perumahan yang ramai penduduk, daerah ini dikelilingi kawasan pabrik sehingga membuat daerah ini menjadi ramai oleh para penduduk asli dan para pendatang/perkerja (buruh pabrik) yang menjadi satu dalam kawasan ini.

Walaupun ramai dan menjadi salah satu kawasan pabrik, perum ini memiliki beberapa keunikan yang ada didalamnya, seperti kandang kuda yang berada ditengah-tengah pemukiman penduduk. Kandang kuda ini memiliki sekitar 25 ekor, dan kuda-kuda tersebut biasanya untuk dijual. Kuda disini diisi dengan berbagai macam jenis serperti jenis kuda untuk balapan (kuda pacuan), kuda untuk delman (angkutan umum), peliharaan dan lain-lain.
Kuda jual beli
Biasanya, beberapa kuda yang menunggu para pembeli ini, dialihkan juga sebagai angkutan umum atau delman. Selain dipekerjakan menjadi alat transportasi alternatif (delman), kuda-kuda ini sekalian untuk melatih tenaga si kuda tersebut. Menurut pemiliknya, kuda-kuda itu sebagian besar berasal dari NTT, yang memiliki variasi harga sekitar 4 - 7 juta rupiah. Untuk menarik minat pembeli, biasanya kuda-kuda ini dirawat dengan baik termasuk dimandikan pada pagi hari.
Kesehatan Lingkungan
Hal ini menjadi topik hangat pada orang-orang sekitar, seperti salah satu caleg 2009 yang gagal terpilih untuk kawasan ini mengatakan "Kuda-kuda ini menghasilkan polusi lingkungan..."(terlihat kotoran kuda sering terlihat di jalanan) . Namun perdebatan ini belum terdengar pada penduduk sekitar kandang kuda itu. Dan Pemerintah Kota-lah yang harus menggodok cara penanganan yang adil dari segala aspek, jika perdebatan kecil ini menjadi besar.

6 comments:

fizzicoholic said...

pati kuda nya mahal y????

Ser Artan said...

kuda yg laen mahal mungkin... ;))

Deni said...

Kandang kuda.. lagi musim kandang kuda nih kayaknya.. hehe.. burung gada naik kuda artinya?

Ser Artan said...

burung berkuda... hehehe

Renty A Laksita said...

yaaaccchh kudanya lokal semua ya pak ?

Ser Artan said...

@renty : iya ni kuda lokal smua... hehehe

Me...?!

"Black-Pearl From The East"
Seperti halnya "about me" di profil, maka blog ini sebuah ekspresi dalam mengumpulkan perjalanan dari lingkungan sosial saya. Bapak, Ibu, Wali, Kakak, Adik, Teman, Rekan dan Saudara semua- mencoba untuk berinteraksi ekspresi dalam berbagai hal, baik tulisan, foto maupun video yang ditampil-kan. Karna ketidakmampuan itu, sekitar adalah guru bagi diri ini... Sekalian numpang Ngeksis didunia-nya si maya... Love, Peace, Justice...
Ser-A
Add my Fb - Lets be a friend Follow me on Twitter - Lets be a friend
Better Future... - Ser Artan

Google Indexed

W3 Directory - the World Wide Web Directory