Boh Rom-Rom, Buah melaka, Klepon dan Onde-onde, 'bersatu, bersama' sebagai Khazanah Kuliner Nusantara...

Kue bulat ini memberikan kekayaan kuliner nusantara kita., dengan balutan kelapa dilapisan luarnya, tak mengurangi akan kelezatannya. Ditambah dengan gula merah dan aroma pandan dari kue ini, manisnya pun menambah taste dari kue ini semakin sempurna. Di Indonesia kue ini banyak akan penamaan, bentuk dan rasanya. Bahan baku kue ini tidak jauh berbeda, dari satu daerah ke daerah lain, tergantung khas setiap daerah Indonesia menambahkan ramuan cita-rasa pada kue bundar ini.
Jika kita berkunjung ke daerah Nanggroe Atjeh Darussalam, kue ini disebut dengan boh rom-rom (boh berarti buah, jadi artinya buah rom-rom). Kue ini sering kita jumpai bila bulan Ramadhan tiba dan sebagai menu untuk berbuka puasa dan berbagai juga acara-acara lainnya. Dan Biasanya dipadu dengan pisang goreng, kurma dan kue-kue lainnya. Kita coba menuju ke timurnya aceh, daerah Sumatra Utara khususnya Melayu Deli, orang-orang disana menyebutnya dengan nama buah melaka. Dimana kue ini menjadi makanan persembahan dalam upacara jamuan (seperti tersebut pada dep.sastra USU). Buah melaka ini biasanya disandingkan dengan cucur, lepat manis, apam, kue rubiah dan kue keras yang diletakkan dalam satu talam. Dalam pemaknaan jamuan tersebut, kue melaka ini melambangkan suku bangsa Cina yang berasal dari Melaka.
Coba kembali berjalan ke Tatar Sunda, anda akan biasa menemukannya dengan nama kue Klepon, dan tak jauh dengan kebiasaan daerah lain, kue ini menjadi salah satu hidangan dalam acara tertentu, terkadang dengan modifikasi rasa dan bentuk luar yang berbeda pada kue tersebut. Dan secara nasional kue ini lebih dikenal dengan nama onde-onde, dimana kue onde-onde ini termasuk didalam jamuan atau acara tertentu. Biasanya kue ini dimodifikasi dengan biji wijen sebagai kulit luarnya dan digoreng.
Belum lagi rasa atau bentuk dari kue ini di daerah lain Indonesia, dengan berbagai cita-rasa yang berbeda.
Anda pun dapat menikmati semua rasa dan bentuk dari kue nusantara ini, baik yang dengan rebusan atau digoreng. Kue boh rom-rom, buah melaka, klepon dan onde-onde menjadi budaya khazanah Kuliner Nusantara. Jadi kurang apalagi kekayaan budaya Indonesia...?!



*boh rom-rom "bersatu dan bersama" dengan pisang goreng kipas dan kurma sebagai hidangan berbuka Keluarga Masyarakat Aceh Bandung (KAMABA)

0 comments:

Me...?!

"Black-Pearl From The East"
Seperti halnya "about me" di profil, maka blog ini sebuah ekspresi dalam mengumpulkan perjalanan dari lingkungan sosial saya. Bapak, Ibu, Wali, Kakak, Adik, Teman, Rekan dan Saudara semua- mencoba untuk berinteraksi ekspresi dalam berbagai hal, baik tulisan, foto maupun video yang ditampil-kan. Karna ketidakmampuan itu, sekitar adalah guru bagi diri ini... Sekalian numpang Ngeksis didunia-nya si maya... Love, Peace, Justice...
Ser-A
Add my Fb - Lets be a friend Follow me on Twitter - Lets be a friend
Better Future... - Ser Artan

Google Indexed

W3 Directory - the World Wide Web Directory