"Ketika Pemuda Indonesia Memaknai Kemerdekaan Bangsanya"

Setelah kurang lebih sepuluh hari jajak pendapat disebar melalui Group Facebook Aliansi Pemuda Indonesia, dengan pertanyaan "Setelah anda mengikuti atau menyaksikan rangkaian peringatan HUT RI, apa arti kemerdekaan menurut anda ?" mendapat respons yang cukup beragam dan variatif, khususnya para pemuda dan pemudi. Apresiasi 'makna' kemerdekaan ini masih cukup besar dari pemuda-pemudi. Walau jajak pendapat ini dilakukan pasca/setelah peringatan HUT RI dan berkenaan pada bulan suci Ramadhan, dengan rasa bangga pemaknaan kemerdekaan Indonesia masih ada 'tempat' pada pikiran para pemuda-pemudi Indonesia.
"Ketika Pemuda Indonesia Memaknai Kemerdekaan Bangsanya"
Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 64 sudah berlalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2009 kemarin (sesuai tanggal merah di kalender). Untuk mengisinya berbagai kegiatan dilakukan diberbagai penjuru negara yang bernama lengkap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. Dari berbagai kegiatan, perlombaan ala rakyat seperti panjat pinang, balap karung dan berbagai perlombaan sejenis menyemarakan sekaligus menjadi ciri khas dibanding peringatan-peringatan lainnya. Selain itu, pengibaran dan pemasangan bendera merah putih didepan rumah warga juga menjadi pemandangan yang khas. Namun kini, setelah 17 Agustus lewat, semua tampak berakhir, begitupun bendera merah putih khususnya yang dimiliki warga sudah kembali masuk ke lemari dan disimpan rapi untuk dibuka kembali menjelang 17 Agustus tahun depan. Pestanya bubar, mungkin seperti itu istilah untuk menggambarkannya.
Dari prolog diatas kemudian muncul pertanyaan, lantas apa sih sebenarnya arti dan atau makna kemerdekaan itu sebenarnya? Apakah hanya berupa tanda merah di kalender? Sesuatu yang disimbolkan dengan upacara dan pengibaran bendera? Panjat pinang dan berbagai perlombaan? Hanya itukah?
Terkait dengan hal diatas maka perlu kiranya kemudian dicatat dan untuk kemudian diketahui dan direnungkan bersama, bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang sangat simple untuk diucapkan namun sangat rumit pada prakteknya. Begitupun makna dan definisnya, apakah hanya merdeka dari sisi fisik, jiwa atau bahkan keduanya. Untuk mengetahui pendapat mengenai hal tersebut, maka saya selaku Admin Grup Facebook Aliansi Pemuda Indonesia (API) berinisitif mewakili teman penggurus yang lain untuk memintai pendapat para anggota grup terkait makna kemerdekaan ini. Dengan sebuah pertanyaan : "Setelah Anda mengikuti atau menyaksikan rangkaian peringatan HUT RI, apa arti kemerdekaan menurut Anda ?" (Disebar dari tanggal 21 – 29 Agustus 2009)

Dan berikut adalah tanggapan mereka :
Duii Prasetyo
Menurut saya (kemerdekaan) hanya sebuah rangkain pensyukuran hari kemerdekaan dan hanya ajang untuk lomba 17'an!! Menurut saya seharusnya generasi anak-anak bangsa menonton dan memahami apa itu sebenarnya 17 Agustus, sekalian sama pahlawan-pahlawannya, biar yahud.
Kebebasan berpendapat, expresi, tapi jangan memprovokasi. Merasakan hasil pajak yang kita sumbangkan. Damai tanpa dijajah oleh bangsa sendiri. Waktunya pemuda bangkit di era yang tentunya dengan norma-norma yang berlaku di negeri ini. Jangan menjadikan kebebasan itu menjadi sifat yang ‘hedon’. Indonesia pasti bangkit dari demokrasi, asal pemudanya ingat dari butir-butir demokrasi itu sendiri. Tidak berlebihan dan memakai otot demi kepentingan pribadi. Tapi ingat semua demi kepentingan bersama. Itulah makna kemerdekaan yang hakiki.
Cahya Sugema
Ya gitu aja seperti biasa, sebelum dan sesudah hari kemerdekaan RI, tetep aja gini nggak berubah.
Menurut saya, arti kemerdekaan adalah kemenangan bagi suatu negara dimana negara tersebut dapat merasakan betapa indahnya dikala negara tidak lagi dijajah oleh negara lain dan kita dapat saling bahu mambahu untuk selalu menjaga kesejahteraan negara kita ini. Kita juga dapat menyalurkan aspirasi kita, demi kemajuan dan kesejahteraan negara kita. Begitulah kira-kira menurut saya arti dari kemerdekaan.
Riri Purba
Makna Kemerdekaan Bangsa Indonesia menurut saya adalah : merdeka untuk bisa bersekolah, bekerja dan berkarya dengan baik dan tenang. Serta, semakin bersemangat untuk bisa menjadi masyarakat Indonesia yang mmberikan yang terbaik buat bangsa ini, serta menjaga kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan susah payah. Terimakasih.
Kemerdekaan adalah kita yang belum merdeka. Merayakan kemerdekaan sama saja dengan merayakan bahwa kita sedang terjajah oleh bentuk dari nasionalisme yang semu. Kemerdekaan bukan hanya kibaran merah putih, bukan hanya lagu Indonesia Raya, bukan hanya panjat pinang dan bambu runcing. Kemerdekaan adalah berdiri dengan tegaknya Garuda menaungi Sabang sampai Merauke. Nah kini, sudah berdiri tegapkah Garuda itu? Jika belum, maka kalau begitu apakah kemerdekaan itu ada?
BadRuinn Cullen
Menanggapi pertanyaan sodara yang saya terima bahwa arti kemerdekaan adalah seharusnya arti merdeka itu untuk saya khususnya dan umumnya untuk Bangsa Indonesia, bahwa negara aman dari terorisme, negara damai dari korupsi, negara aman dari penganggura. Demikian pandangan saya mengenai arti dari kemerdekaan, mudah-mudahan menjadi kenyataan di tahun 2010, amin.
Kemerdekaan menurut saya adalah bebas dalam berkreatifas. Tanpa ada kekangan dan tentunya Bebas dari Jajahan. Apalagi masih bnyak Warga Negara Indonesia ysng belum merdeka. Nggak usah jauh-jauh, jurang pemisah yang kaya dan miskin masih lebar, lagu Indonesia raya dilecehkan oleh Malaysia


Itulah tanggapan, ide, opini atau pun pendapat para beberapa orang pemuda Indonesia melalui Grup FB Aliansi . Walaupun tidak semua anggota grup memberikan pendapatnya, namun beberapa pendapat atau tanggapan yang cerdas diatas dari para pemuda yang bergabung di grup ini memberikan sinyal pada kita semua bahwa pemuda yang dikatakan sebagai tulang punggung bangsa memiliki pemahaman yang beragam yang pada intinya memandang dan menaknai bahwa kemerdekaan bukan hanya dalam bentuk kata-kata, namun juga harus dalam prakteknya. Bukan juga hanya kemerdekaan fisik tapi juga kemerdekaan jiwa dan pikiran.
Semoga pemikiran dan pesan dari Grup Facebook Aliansi Pemuda Indonesia ini sekali lagi dapat menjadi bahan renungan dan kajian lebih lanjut bagi kita semua sebagai bangsa yang berdaulat, merdeka dan berdikari, dan semoga itu bukan ‘katanya’ lagi tapi menjadi sesuatu yang benar-benar adanya, menuju kemerdekaan yang membawa bangsa dan Negara ini menjadi lebih baik.


Admin Grup Facebook Aliasi Pemuda Indonesia
Alfin Ser Artan Hariando
Catatan :
• Artikel atau review ini dimuat juga di www.serartan.blogspot.com
• Aliansi Pemuda Indonesia adalah Grup Diskusi dan Silaturahmi Para Pemuda Indonesia yang ada di Situs Jejaring Sosial Facebook, dibentuk untuk menjadi tempat bagi para pemuda/i berdiskusi, bersuara yang berbagi pemikirannya untuk kebaikan bersama juga memberikan sumbangsih secara tidak langsung untuk Bangsa dan Negara Indonesia.

2 comments:

fizzicoholic said...

seharus nya kita bisa lebih nasionalis lagi sih sebagai pemuda bangsa..jangan tiba ad klaim klaiman dari negara tetangga....baru kita sok sok nasionalis...........

Ser Artan said...

setuju bro... sepakat...

Me...?!

"Black-Pearl From The East"
Seperti halnya "about me" di profil, maka blog ini sebuah ekspresi dalam mengumpulkan perjalanan dari lingkungan sosial saya. Bapak, Ibu, Wali, Kakak, Adik, Teman, Rekan dan Saudara semua- mencoba untuk berinteraksi ekspresi dalam berbagai hal, baik tulisan, foto maupun video yang ditampil-kan. Karna ketidakmampuan itu, sekitar adalah guru bagi diri ini... Sekalian numpang Ngeksis didunia-nya si maya... Love, Peace, Justice...
Ser-A
Add my Fb - Lets be a friend Follow me on Twitter - Lets be a friend
Better Future... - Ser Artan

Google Indexed

W3 Directory - the World Wide Web Directory