(Tips) Tak Takut Donor Darah...?!

Pernah saat saya melemparkan pertanyaan kepada rekan, "yuk donor darah...?!". Dengan perawakan sedikit bingung menjawab menolak, iapun menjawab "badan terlalu kurus, kurang istirahat atau malah takut jarum suntik". Ternyata sebagian besar orang-orang masih menganggap donor darah adalah pekerjaan yang sangat bahaya, khususnya bagi diri sendiri. Dan masih banyak pula alasan lain yang membuat orang takut karena cerita-cerita hiperbola dahulu. Padahal kalau kita mencoba merubah pikiran seperti itu dengan melihat, dan merasakan secara langsung donor darah maka kita pun merasa semua cerita menakutkan tentang donor darah akan hilang.
PMI atau Palang Merah Indonesia sering bekerjasama dengan lembaga pendidikan, organisasi dll membuat acara-acara amal atau sosial dalam hal donor darah. Hampir setiap lembaga dapat memiliki akses ke PMI di setiap daerahnya. Walau jumlah darah yang dikumpulkan oleh PMI sampai saat ini belum mencapai target (ketika penulis bertanya jumlah pasokan darah, pada acara di Universitas Islam swasta di Bandung). Dari keterangan itu terlihat betapa sedikitnya minat orang untuk mendonorkan darahnya.
Namun bagi anda yang merasa takut atau belum pernah melakukannya, ada beberapa tips untuk memulai mendonorkan darah anda. Berikut tips sebelum mendonorkan darah dari saya :
  1. Istirahat yang cukup (minimal 6 jam telah melakukan tidur malam)
  2. Makan
  3. Berolahraga (seperti jalan/lai kecil selama 15 menit) sejam sebelum pendonoran
  4. Pada saat pendaftaran, anda akan menulis angket, dan jawablah angket tersebut dengan jujur
  5. Pada saat check darah atau kesehatan (konsultasi dengan mereka yang mengerti, sehingga anda dapat menanyakan tentang donor darah dan kesehatan secara gratis.
  6. Perhatikan penggunaan jarum (minta yang baru, jangan bekas orang lain), sehingga sterilisasi dalam pendonoran pada tubuh anda terjamin.
  7. Jika anda merasa takut dengan jarum suntik, lakukan kegiatan disaat pemasangan jarum (seperti baca komik, koran & buku)
Setelah anda melakukan tips diatas dan merasakan langsung donor darah, anda akan merasakan perbedaan dan manfaat lainnya seperti badan anda akan terasa ringan dan sehat bagi tubuh. Dan yang pasti anda akan ingin melakukannya kembali. Mau...?!

0 comments:

Me...?!

"Black-Pearl From The East"
Seperti halnya "about me" di profil, maka blog ini sebuah ekspresi dalam mengumpulkan perjalanan dari lingkungan sosial saya. Bapak, Ibu, Wali, Kakak, Adik, Teman, Rekan dan Saudara semua- mencoba untuk berinteraksi ekspresi dalam berbagai hal, baik tulisan, foto maupun video yang ditampil-kan. Karna ketidakmampuan itu, sekitar adalah guru bagi diri ini... Sekalian numpang Ngeksis didunia-nya si maya... Love, Peace, Justice...
Ser-A
Add my Fb - Lets be a friend Follow me on Twitter - Lets be a friend
Better Future... - Ser Artan

Google Indexed

W3 Directory - the World Wide Web Directory